Dosis Komposisi dan Harga Hypofil (Gemfibrozil)

Dosis Komposisi dan Harga Hypofil (Gemfibrozil)
HYPOFIL
Gemfibrozil
Kapsul

Tiap kapsul mengandung:
Gemfibrozil .......................................................... 300 mg

FARMAKOLOGI
HYPOFIL® adalah suatu regulator lipid plasma yang berkhasiat menurunkan trigliserida serum dan kolesterol lipoprotein densitas sangat rendah (VLDL), dan meningkatkan kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL). HYPOFIL® juga dapat meningkatkan kandungan lipoprotein densitas tinggi (HDL), subfraksi HDL2 dan HDL3 maupun apolipoprotein AI dan AII. Cara kerja Gemfibrozil belum diketahui dengan pasti.
HYPOFIL® menghambat lipolisis perifer dan menurunkan asam lemak bebas yang diekstraksi oleh hepar, sehingga mengurangi produksi trigliserida.
HYPOFIL® juga menghambat sintesa dan menaikkan bersihan apolipoprotein B pembawa VLDL sehingga memberi manfaat untuk mengurangi produksi VLDL. Pada binatang percobaan, Gemfibrozil selain meningkatkan kadar kolesterol HDL juga dapat menghambat ikatan asam-asam lemak rantai panjang dengan trigliserida yang baru terbentuk, sehingga mempercepat pertukaran dan pengeluaran kolesterol dari hati, dan meningkatkan ekskresi kolesterol dalam tinja. HYPOFIL® diabsorpsi dengan baik dari saluran pencernaan setelah pemberian oral. Kadar puncak dalam darah terjadi dalam 1 - 2 jam dengan waktu paruh 1,5 jam setelah dosis berganda. Kadar di dalam plasma sebanding dengan dosis yang diberikan dan tidak terlihat adanya akumulasi selama pemberian dosis berganda.

INDIKASI
HYPOFIL® diindikasikan untuk pengobatan:
  1. Hiperkolesterolemia, dislipidemia campuran dan hipertrigliseridemia atau menurut klasifikasi Frederickson tipe IIA, IIB dan IV, sehingga dapat mencegah penyakit jantung koroner.
  2. Pengobatan untuk dislipidemia lain: 
    • Frederickson tipe III dan IV.
    • Dislipidemia yang berhubungan dengan diabetes.
    • Xantoma yang berhubungan dengan dislipidemia.
KONTRA-INDIKASI
  • Hipersensitivitas terhadap Gemfibrozil.
  • Penderita dengan penyakit kandung empedu.
  • Penderita dengan gangguan hepar atau gangguan fungsi ginjal yang berat, termasuk sirosis hati.

EFEK SAMPING
HYPOFIL® pada umumnya ditoleransi dengan baik. Gangguan saluran
pencernaan ringan seperti nyeri abdomen, diare, mual dan rasa kembung dapat terjadi, tetapi penghentian pengobatan HYPOFIL®jarang diperlukan. Di Helsinki Heart study, dilaporkan tidak ada perbedaan yang nyata antara pemberian Gemfibrozil dengan plasebo pada terjadinya konstipasi, diare, muntah dan mual, Selanjutnya dilaporkan juga bahwa tidak terdapat perbedaan bermakna pada terjadinya keganasan antara 2 kelompok percobaan.
Sangat jarang dilaporkan terjadinya kalainan tes fungsi hati (SGOT, SGPD dengan pemberian HYPOFIL®Tes fungsi hati akan kembali normal untuk sejumlah besar penderita selama pengobatan dengan HYPOFIL®

PERHATIAN
  • Penetapan lemak serum berkala sebaiknya dilakukan selama pemakaian obat ini dan pemakaian obat sebaiknya dihentikan jika pengobatan tidak berdampak setelah 3 bulan.
  • Keamanan pada wanita hamil, menyusul dan anak-anak belum diketahui dengan pasti.
  • HYPOFIL® dapat meningkatkan ekskresi kolesterol ke dalam kandung empedu. Meskipun demikian di Helsinki Heart Study, tidak terdapat perbedaan yang bermakna dengan plasebo dalam meningkatkan tindakan operasi kandung empedu.
  • HYPOFIL® dapat mempengaruhi fungsi hati, oleh sebab itu dianjurkan untuk secara periodik melakukan tes fungsi hati, dan terapi harus dihentikan bila terjadi abnormalitas yang menetap.

INTERAKSI OBAT
Hati-hati bila HYPOFIL® diberikan bersama-sama dengan antikoagulan. Dosis antikoagulan hendaknya dikurangi untuk menjaga waktu protrombin pada tingkat yang diinginkan sehingga tidak terjadi komplikasi pendarahan.
Pengukuran protrombin dianjurkan sesering mungkin sampai didapat hasil yang pasti dimana keadaan protrombin telah stabil.

DOSIS
Dewasa:
2 kapsul, 2 kali sehari.
(30 menit sebelum makan pagi dan makan malam). Pada beberapa penderita akan mendapatkan efek terapeutik yang memuaskan pada dosis 3 kapsul (900 mg) per hari dan sebagian lagi mungkin 5 kapsul (1500 mg) per hari.

Penanganan dosis berlebihan:
Meskipun belum pernah dilaporkan kejadian akibat dosis berlebihan, namun bila terjadi hendaknya diberikan pengobatan simtomatik.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

KISARAN HARGA
Harga per Strip Rp. 26.500

KEMASAN
Dus Isi 10 strip @ 10 kapsul. No. Reg.: DKL9222213201A1

PENYIMPANAN
Simpan pada suhu kamar (25° - 30°C),

Dibuat oleh:
PT SANBE FARMA
Bandung - Indonesia
Previous
Next Post »