13 Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi

13 Cara Mengobati Sakit Gigi  - Pada kesempatan ini JadiKuat akan membahas mengenai Bagaimana cara mengobati Sakit gigi , memang sakit gigi merupakan rasa nyeri pada suatu gigi. Sakit gigi tersebut disebabkan oleh berbagai masalah di gigi serta rahang, seperti karies gigi, gingivitis / juga penyakit rahang, dll. Sakit gigi tersebut juga merupakan gejala dari penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi tersebut dapat mengakibatkan penyakit jantung serta stroke. Setidaknya, sakit gigi bisa menyebabkan kepala menjadi pusing serta tidak nyenyak tidur.

Dalam beberapa kasus, sakit gigi tersebut disebabkan oleh masalah gigi, seperti rongga gigi, gigi retak, akar gigi yang terekspos, /penyakit gusi. tetapi , gangguan dari (bersama Temporo-mandibula) sendi rahang tersebut juga bisa menyebabkan sakit yang disebut ialah sebagai "sakit gigi". Tingkat keparahan sakit gigi tersebut dapat berkisar dari ringan hingga kronis, tajam serta menyiksa. Rasa sakit bisa diperburuk oleh mengunyah atau dingin atau panas.

13 Cara Mengobati Sakit Gigi
13 Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara mengobati sakit gigi dengan tradisional

1. Daun Inggu Kering

Bahan yang diperlukan:

  1. 2 - 4 gram daun inggu kering 
  2. 2 cangkir (ukuran sedang) air bersih.

Cara pengobatan:
Rebus daun inggu kering tersebut ke dalam panci yang berisi 2 gelas air sampai mendidih. kemudian Saring airnya, setelah itu tunggu hangat dan gunakan ramuan tersebut untuk berkumur beberapa kali.

2. Minyak Batok Kelapa

Bahan yang diperlukan :

  1. Batok kelapa yang telah terbagi dua
  2. kapas secukupnya.

Cara pengobatan:
Ambil 1 bagian dari batok kelapa, setelah itu bakar sampai keluar minyaknya. Ambil minyak batok kelapa dengan menggunakan kapas, kemudian tempelkan pada gigi yang sedang sakit.

3. Daun Sirih dan Cengkeh

Bahan yang diperlukan :

  1. Daun sirih 
  2. cengkeh secukupnya.

Cara pengobatan:
Rebus kedua bahan tersebut dengan air secukupnya, kemudian gunakanlah untuk berkumur beberapa kali.

4. Bawang Putih

Bahan yang diperlukan:

  1. Bawang putih (1 butir).

Cara pengobatan:

  1. Kupas kulit terluar bawang putih, kemudian haluskan bawang putih tersebut. setelah itu tempelkan tumbukan bawang putih tersebut pada bagian gigi luar yang sakit. atau
  2. Cuci bawang putih menggunakan air hangat. Kunyah bawang putih mentah tersebut selama beberapa menit, setalah itu buang maka bakteri penyebab sakit gigi akan segera mati.


5. Minyak Cengkeh

Bahan yang diperlukan:

  1. Minyak cengkeh secukupnya.

Cara pengobatan: 
Gunakan minyak cengkeh tersebut dengan cara meneteskannya di gigi yang sakit menggunakan kapas ataupun cotton bud (ditempel-tempel). Setelah itu rasa sakit hilang (kira-kira 30 menit setelahnya), barulah berkumur menggunakan air hangat.

6. Bunga Matahari

Bahan yang diperlukan:

  1. Bunga matahari (50 gram),
  2.  jahe (5 gram), 
  3. air bersih(600 cc).

Cara pengobatan:
Jahe serta bunga matahari direbus didalam air bersih 600 cc air sampai mendidih setelah air itu tersisa 300 cc. Saring air rebusan serta minum obat herbal sakit gigi tersebut selagi hangat.

7. Asam Jawa (Obat Penyembuh Karang Gigi)

Bahan yang diperlukan:

  1. Biji asam jawa secukupnya.

Cara pengobatan:
Goreng tanpa menggunakan minyak (sangrai) biji asam jawa, setelah itu dihaluskan . Masukkan biji asam jawa yang sudah halus itu pada kain, kemudian setelah itu gosok pada gigi yang berlubang.

8. Biji Jarak Cina

Bahan yang diperlukan:

  1. 1 butir biji jarak cina 
  2. 1 gelas air panas.

Cara pengobatan: 
Giling / tumbuk biji jarak cina tersebut sampai  halus, seduh kedalam satu gelas air panas kemudian  aduk. Setelah itu saring airnya, tunggu sampai dingin, terakhir gunakan air tersebut untuk berkumur.

9. Daun Cengkeh

Bahan yang diperlukan:

  1. Daun cengkeh secukupnya.

Cara pengobatan:
bersihkan menggunakan air daun cengkeh, seduh ke dalam segelas air panas, setelah itu lumatkan daun cengkeh tersebut. Gunakan kain untuk memeras daun cengkeh yang sudah halus, setelah itu tempelkan kapas atau cotton bud  pada air hasil perasan. Tempel serta gosok kapas atau cotton bud tersebut pada gigi yang sakit (berlubang).


10. Getah Jarak

Bahan yang diperlukan:

  1. Getah tanaman jarak secukupnya.

Cara pengobatan:
Teteskan sedikit demi sedikit getah jarak tersebut pada gigi yang sakit , atau bisa juga gunakan kapas atau cotton bud untuk diselipkan pada gigi yang berlubang atau sakit.

11. Akar Meniran

Bahan yang diperlukan:

  1. Akar meniran (5 gram).

Cara pengobatan:
Bersihkan akar meniran tersebut menggunakan air, setelah itu kunyah menggunakan gigi yang sakit secara perlahan. kemudian  berkumur dengan air.

12. Akar Kangkung

Bahan yang diperlukan:

  1. Segenggam akar kangkung
  2. 1/2 sdt cuka.

Cara pengobatan:
bersihkan akar kangkung tersebut, kemudian rebus dan masukan kedalam segelas air kemudian tambahkan 1/2 sdt cuka. tunggu sampai dingin , setelah itu gunakan untuk berkumur

13. Serai

Bahan yang diperlukan:

  1. Sereh / sirih (40 gram)
  2. air matang (2 gelas).

Cara pengobatan:
Rebus semua sereh kedalam 2 gelas air sampai mendidih serta air berkurang sampai 1gelas. Gunakan obat tersebut untuk berkumur sampai sakit gigi itu hilang biasanya 2 sampai 3 hari.

Baca juga artikel terkait : cara membuat gigi menjadi putih


Sekian dan terimakasih sudah membaca 13 cara mengobati sakit gigi , semoga dapat bermanfaat untuk anda . JadiKuat
Previous
Next Post »