Cara Alami Menurunkan Kolestrol

Cara Menurunkan Kolestrol Tinggi Secara Alami

Cara Alami Menurunkan Kolestrol -  Low Density Lipoprotein atau LDL merupakan kolesterol jahat yang bisa mengakibatkan pengendapan di arteri ,Arteri  atau Pembuluh nadi merupakan pembuluh darah yang berotot , membawa darah kepada jantung. untuk lebih jelas mengenai apa itu arteri bisa anda baca di Pengertian Pembuluh Nadi (Arteri)  , inilah yang merupakan salah satu yang memicu timbulnya penyakit jantung serta juga stroke. Sedangkan High Density Lipopreotein atau HDL merupakan jenis kolesterol baik yang tidak , kolestrol ini mengakibatkan terjadinya endapan pada arteri serta berfungsi untuk mencegah adanya plak di dinding pembuluh darah kita.

Kolesterol didalam tubuh kita dapat bersumber dari makanan yang biasa kita konsumsi dan/juga organ hati. Bahkan 80% kolesterol didalam tubuh kita telah diproduksi oleh organ hati sehingga tidak diperlukan kolesterol tambahan dari luar tubuh kita. Beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi ialah yakni daging, susu, serta juga telur. Walaupun semua jenis makanan itu juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita namun baiknya batasi dalam mengkonsumsinya makan yang mengandung kolestrol cukup tinggi tersebut, di utamakan pada kuning telur disebabkan karena makanan tersebut mengandung kolesterol yang tinggi.

Gejala Penyakit Kolestrol

Berikut ini merupakan gejala penyakit kolestrol jahat antara lain ialah sebagai berikut :
  1. Nyeri pada kaki
  2. Kram yang terjadi pada malam hari
  3. Kuku berubah
  4. Kulit ikut berubah

CARA MENURUNKAN KOLESTROL

Cara menurunkan kolesterol secara alami s\itu sangat disarankan dari banyak pihak termasuk dokter . Dengan mengatur pola makan dan juga berolahraga secara rutin adalah cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kolestrol . Jika anda menderita kolesterol cukup tinggi, dibawah ini merupakan tips-tips serta cara menurunkan kolesterol yang terbukti dengan efektif.

  • 1. Olahraga secara rutin
    Olahraga ialah salah satu hal yang sangat penting untuk dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh , tidak diperlukan melakukan olahraga berat untuk menurunkan kolestrol tersebut hanya olahraga kecil seperti jogging , senam , dan lain sebagainyaitu cukup untuk menurunkan kolestrol. Selain hal tersebut menurunkan kadar kolesterol pada tubuh tentunya juga akan menyehatkan jantung serta akan menurunkan berat badan.
  • 2. Mengurangi konsumsi gluten
    Gluten adalah suatu kandungan yang terdapat didalam pati seperti tepung. Hindarilah makan-makanan yang terbuat dari tepung maupun gandum dikarenakan makanan itu mengadung tinggi akan gluten. Gandum tersebut juga tidak selamanya sehat serta baik untuk kesehatan jika tidak dibatasi penkonsumsiannya.
  • 3. Mengubah pola makan sehat
    mengubah pola makan itu penting untuk menurunkan kolestrol . Maka , Konsumsilah makan-makanan nabati seperti contohnya sayuran, buah-buahan serta biji-bijian. Kurangi juga mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh contohnya daging, susu, mentega, makanan yang bersantan, keju,  dan tentu makanan yang berminyak.
  • 4. Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran
    Perbanyaklah untuk mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran, disarankan untuk lebih baik lagi mengkonsumsi buah buahan serta juga sayur yang mengandung fitosterol. karena buah yang mengandung fitosterol tersebut juga memiliki kandungan serat, yangmana kandungan serat tersebut mampu untuk dapt mempercepat penyerapan kolesterol didalam usus . buah -buahan dan sayur yang mengandungan fitosterol antara lain buah anggur, kacang tanah, pisang, melon, sayur buncis,  apel, kedelai, brokoli, kembang kol dan lain-lainnya.
  • 5. Konsumsi makanan penurun kolesterol
    Kolesterol yang berada dalam tubuh kita sangat dipengaruhi oleh adannya makanan yang kita makan . Untungnya terdapat banyak makan yang dapat menurunkan kolestrol Beberapa makanan itu antara lain seperti jus kubis, oatmeal, buah alpukat, sayur kubis, buncis, brokoli,  buah belimbing, buah naga, buah melon, kedelai, ikan (kandungan omega 3) , teh, dan lain sebagainya.
Kurangi / hindari beberapa makanan dibawah ini untuk menurunkan kolestrol:
Goreng-gorengan,telur puyuh,  mentega , Kuning telur, otak sapi, daging sapi berlemak, gajih sapi serta kambing , ,Udang, kepiting, siput, belut, kerang, cumi-cumi ,Susu berlemak tinggi, keju, dan susis 

CARA CEPAT MENURUNKAN KOLESTEROL MELALUI MAKANAN

Cara Menurunkan Kolestrol Dengan Tomat
Tomat mengandung suatu senyawa likopen yang dapat mencegah serangan jantung serta stroke. Tomat dapat dibuat kedalam bentuk jus maupun dicampuran ke makanan. Dengan mengkonsumsi secara rutin 50 gram pada tiap harinya, kandungan didalam tomat itu mampu untuk menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh. Likopen itu juga bisa ditemukan di buah jambu, pepaya serta semangka.

Cara Menurunkan Kolestrol Dengan Buah Delima
Dikarenakan Buah delima itu mengandung antioksidan yang berjenis polifenol serta bermanfaat untuk dapat menurunkan kolesterol jahat. hal tersebut baik untuk menurunkan kolestrol , meminum jus buah delima itu baik namun harus yang mengandung murni sari buah delima bukan mengandung banyak gula

Cara Menurunkan Kolestrol Dengan Alpukat
Alpukat tersebut mengandung lemak tak jenuh serta pitosterol. Kandungan yang terdapat di alpukat itu dapat menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. penyajian dalam mengkonsumsinya dapat disesuaikan dengan selera anda.

Cara Menurunkan Kolestrol Dengan Kacang Almond
Kacang almond itu kaya akan lemak tak jenuh yang dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL yang baik dan juga menurunkan LDL (kolesterol jahat). Untuk dapat mencapai penurunan 10% kolesterol LDL anda diwajibkan untuk makan kacang almond sekitar 73 gram kacang almond per hari.

Cara Menurunkan Kolestrol Dengan Jus Jeruk
Anda dapat membuat sendiri jus jeruk yang sesuai dengan selera anda. Cukup minum 2 gelas jus jeruk tiap pagi. 

Cara Menurunkan Kolestrol Dengan Minyak Zaitun
Minyak zaitun merupakan nutrisi yang kaya akan antioksidan serta lemak tak jenuh yang dapat membantu untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta akan meningkatkan kolesterol yang baik (HDL). Disarankan untuk mengkonsumsi sekitar 2 sendok makan (23 gram) olive oil tiap hari nya dicampurkan kedalam sayuran / menggunakan minyak zaitun ialah sebagai pengganti mentega saat mengolesi makanan itu juga bisa  dan sebagai saus untuk roti itu juga bisa. Harus diingat, minyak zaitun tersebut mengandung tinggi kalori, jadi jangan mengkonsumsi minyak zaitun lebih dari jumlah yang disarankan.

Sekian dan Terimakasih sudah membaca mengenai CARA MENURUNKAN KOLESTROL semoga dapat bermanfaat untuk anda , JadiKuat
Previous
Next Post »