Baycuten-N Krim Indikasi Dosis dan Harga

Baycuten-N Krim Anti Eksim

Baycuten-N Krim Indikasi Dosis dan Harga

Komposisi

5 gram krim mengandung 50 mg klotimazol dan 2,215 mg deksametason asetat setara dengan 2 mg deksametason.


Cara Kerja

Klotrimazol adalah anti jamur, bekerja mempengaruhi permeabilitas jamur dengan mengganggu biosintesa ergosterol yang mengakibatkan terganggunya membran plasma. Deksametason asetat adalah kortikosteroid topikal bekerja mencegah atau menekan timbulnya gejala inflamasi.

Indikasi

Radang dan infeksi kulit terutama yang disebabkan oleh jamur misalnya Trichophyton rubrum, Trichophyton mentagrophytes, Epidermophyton floccosum dan Microsporum canis.

Dosis dan Aturan Pakai

Bagian tubuh yang sakit setelah dibersihkan digosok pelan-pelan dengan Baycuten-N krim secukupnya 2 kali sehari. Pengobatan harus dihentikan setelah berkurangnya peradangan atau membaiknya daerah kulit yang menderita eksim, selambat-lambatnya setelah 7 hari pemakaian dan pengobatan dilanjutkan dengan preparat antijamur tanpa kortikosteroid sesuai petunjuk dokter.

Peringatan dan Perhatian

  • Baycuten-N krim tidak boleh kena mata.
  • Baycuten-N krim hanya boleh digunakan paling lama 7 hari dan kemudian diikuti dengan pemakaian anti jamur bebas kortikosteroid ( sediaan anti jamur tunggal ) sesuai petunjuk dokter.
  • Hati-hati penggunaan pada wanita hamil dan menyusui. Penggunaan pada wanita hamil hanya bila kemanfaatannya lebih besar dibandingkan dengan resiko terhadap janin.
  • Keamanan dan efektifitasnya pada anak-anak dibawah 12 tahun belum diketahui dengan pasti.
  • Bagian tubuh yang diolesi dengan Baycuten-N krim jangan ditutup atau diperban.
  • Agar segera melaporkan efek samping yang timbul akibat penggunaan Baycuten-N krim pada dokter.
  • Bila penggunaan dengan Baycuten-N krim kurang memberikan hasil, maka disarankan untuk dilakukan test mikrobiologi guna menentukan terapi anti jamur lain.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi pada penggunaan Baycuten-N krim adalah Maculopapulo eruption dan paresthesia. Efek samping lain yang umumnya mungkin terjadi adalah akibat penggunan jangka panjang kortikosteroid yaitu gejala lokal seperti atropi kulit, telangiektasia, striae dan perubahan kulit seperti jerawat dan efek sistemik kortikosteroid sebagai akibat penyerapannya.

Kontra Indikasi

Baycuten-N krim jangan diberikan pada :

Penderita yang sensitif dengan zat-zat aktif.
Tuberkulosa kulit.
Infeksi virus pada kulit termasuk vaccina,varicella  dan herpes simpleks.
Teknik oklusif pada penderita dematitis atopica.

Lihat Juga Krim Anti Jamur Lainnya


Kemasan dan Kisaran Harga

Tube 5 gram.
Harga Rp. 60.845





Diproduksi Oleh :
PT Genero Pharmaceuticals, Bekasi - Indonesia
Untuk :
PT Bayer Indonesia



Previous
Next Post »